Monday, July 4, 2011

Lontong Balap Khas Surabaya

Terdengar unik, dengan nama salah satu makanan khas asal Surabaya yaitu Lontong Balap. Jangan khawatir, ini bukanlah makanan khusus untuk para pembalap, anda pun dapat menikmatinya. Didalam satu porsi lontong balap dihidangkan bersama dengan, antaralain lontong, tahu goreng, lentho (semacam perkedel yang dibuat dari singkong), kecap, bawang goreng, kecambah, dan sambal petis serta kacang tolo.
Semua perpaduan itu dibasahi dengan kuah gurih bercitarasa bawang putih dan ditaburi bawang goreng.
Rasa dari lontong balap ini sunguh terasa khas banget, rasanya benar-benar mantap …. apalagi dengan khas pedasnya (sambal petis khas Jawa Timur), benar-benar hmm, dengan citarasa pedas-manis.  Makanan khas ini bisa Anda jumpai di sekitar kota Surabaya, seperti Sidoarjo, Gresik, hingga Lamongan.
Salah satu warung Lontong Balap yang terkenal adalah warung lontong balap Garuda. Jalan Kranggan, tempat Bioskop Garuda berada itu, letaknya masih berada dalam pusat kota Surabaya. Hanya satu kilometer ke arah barat pusat pertokoan Siola yang terkenal di Surabaya, dan hanya 1,5 kilometer ke arah barat Jalan Tunjungan dan Jalan Embong Malang. Dua nama jalan itu memang sangat terkenal di Surabaya sejak dulu.

No comments:

Post a Comment